Wall-E & EVE

Melihat Wall-E dan EVE (Wall-E, 2008) pada gambar di atas, terbesit sesuatu pada desain EVE. Tampak seperti iPod generasi beberapa tahun lalu?

White iPod

Model minimalis yang manis, plastik polikarbonat yang apik, tampak memiliki kesamaan yang bukanlah kebetulan. Jika Anda sudah menonton film Wall-E dan melihat lampu indikator plant pada Eve (EVE: Extraterrestrial Vegetation Evaluator), tampak bukanlah hal yang kebetulan jika mirip dengan indikator standby pada iMac dan beberapa produk Apple lainnya.

Oke, film ini diproduksi oleh Disney-Pixar. Pixar, suatu nama yang cukup dekat dengan Apple. Keduanya berhubungan erat dengan paman kita: Steve Jobs. Steve Jobs pernah memimpin di kedua perusahaan tersebut.

Hal lain yang mendekatkan Wall-E dengan Apple adalah, jika Anda perhatikan, suara indikator boot berupa bong/chimes ketika Wall-E sedang dihidupkan atau restart. Para pengguna Mac pasti mengenal suara ini, hehehehe.

Dan ternyata, Eve adalah bukan kebetulan. Eve didesain oleh Jonathan Ive: desainer iMac dan iPod. Dan, tentunya wajar jika Eve, iPod, dan iMac memiliki aura desain yang sama.

Saya pun tergelitik untuk menganalogikan Wall-E dan EVE menjadi Mac: Apple II dan iMac G5

Apple II + iMac G5

Tautan:
Apple's Designer Actually Helped Design Wall-E's Eve Robot
Wall-E's Eve: Descendant of iPod
Apple and Eve Revealed: The heroine of Pixar's new release, Wall-E, was born from an iPod