Sebenarnya ini bukanlah hal yang baru, hanya saja beberapa orang menanyakan kepada saya bagaimana caranya mengunduh video dari situs YouTube, sehingga akan lebih baik jika saya buatkan sebuah tulisan yang dapat dibaca oleh banyak orang.

Saya memanfaatkan peramban web Safari untuk mengunduh. Dalam kasus ini, saya menggunakan Safari 2.0.4 di atas sistem operasi Mac OS X Tiger 10.4.8. Sepertinya tidak tertutup kemungkinan hal ini dapat dilakukan pada Safari 3, juga pada sistem operasi Windows karena kini Safari juga tersedia untuk Windows XP dan Vista. Saya juga sudah mencoba menggunakan peramban web WebKit tanpa masalah.

Pertama, tentunya kita harus menentukan video mana yang ingin kita unduh. Saya mencoba untuk mengunduh video klip Depapepe - Pachelbel's Canon.

Setelah halaman tersebut terlihat, tunggu hingga proses pemuatan video dimulai video mulai dimainkan, hal ini dapat dilihat dari indikator waktu yang sudah berubah dari 00:00. Ketika video sudah mulai dimainkan pilih menu "Window" - "Activity" dari menu bar.

Lalu akan muncul jendela baru, yakni jendela "Activity". Dari jendela ini akan terlihat informasi mengenai berkas apa saja yang diakses oleh peramban web Safari. Pilih halaman YouTube yang ingin kita unduh. Dalam contoh kasus ini, saya memilih halaman dengan judul "YouTube - DEPAPEPE Pachelbel's Canon". Klik simbol segitiga di samping kiri untuk melihat "anak proses" dari halaman tersebut jika perlu. Dari daftar "anak proses" tersebut, cari alamat URI yang bernama "get_video". Biasanya berkas tersebut berukuran paling besar.

Klik ganda pada berkas tersebut, dan Safari akan membuka berkas tersebut secara langsung pada jendela baru.

Karena Safari tidak dapat mengenali jenis berkas tersebut, maka Safari akan mencoba mengunduhnya. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya jendela "Downloads" (jika sebelumnya tidak ada jendela tersebut), dan munculnya sebuah entri baru dalam daftar berkas yang diunduh oleh Safari. Jika setelah beberapa lama Safari tidak menunjukkan tanda-tanda mengunduh, coba lakukan "refresh" pada jendela Safari yang beralamatkan berkas video tadi.

Setelah selesai diunduh, berkas tersebut perlu diubah namanya, karena berkas tersebut akan bernama "get_video" saja. Dalam contoh ini, saya mengubah nama berkas tersebut menjadi "Depapepe - Pachelbel's Canon.flv". Dan silakan gunakan multimedia player yang mendukung format FLV (Flash Video) untuk memainkan berkas video ini. Untuk sistem operasi Mac OS X, Anda bisa menggunakan QuickTime dengan tambahan Perian.

Tulisan ini dibuat dengan tujuan edukasional. Semoga bermanfaat dan tidak disalahgunakan. Selamat Mengunduh!